Menyongsong Kurikulum 2013 : Sebuah Kajian dan Rekomendasi Implementasi Kebijakan

Martikasari, Kurnia (2013) Menyongsong Kurikulum 2013 : Sebuah Kajian dan Rekomendasi Implementasi Kebijakan. In: PROCEEDINGS Seminar Nasional Ikatan Alumni (IKA) Universitas Negeri Yogyakarta, 2013, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
proceeding_kur2013_nia_usd.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses pengarahan perubahan tingkah laku siswa menuju ke arah yang lebih baik, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa. Pembelajaran yang berjalan saat ini, lebih mengedepankan aspek kognitif yang cenderung mengajak siswa untuk menghafal dan mengerjakan soal, tanpa mampu berfikir kreatif. Pembenahan kurikulum dapat menjadi solusi untuk lebih menguatkan pendidikan karakter bagi siswa yang mengedepankan aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Kurikulum 2013 tidak berfokus pada kompetensi akademis saja, tetapi mencakup pula aspek karakter dan keterampilan siswa. Pengembangan kurikulum 2013 sudah sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum, meliputi prinsip relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, efektifitas serta efisiensi. Namun demikian, kurikulum yang baik ini harus diimbangi dengan kematangan dalam pengimplementasiannya. Untuk mematangkan dan mensukseskan pengimplementasian kurikulum 2013 dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu : 1) melakukan ujicoba terlebih dahulu di sejumlah sekolah yang menjadi “pilot project” penerapan kurikulum 2013, 2) menyiapkan para guru dan membekali guru dengan kompetensi dan skill yang memadai, 3) mengembangkan buku siswa dan pedoman guru sesuai kurikulum 2013, 4) membenahi konsep Ujian Nasinal (UN) yang tidak hanya fokus pada pengembangan aspek kognitif dan akademis saja, namun juga aspek afekif dan psikomotorik. Dengan empat cara tersebut, kurikulum 2013 dapat diimplementaikan secara optimal, sehingga dapat menguatkan penanaman pendidikan karakter bagi siswa. Keyword: Kurikulum 2013, pendidikan karakter, Ujian Nasional

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Economics Education
Depositing User: E. Yani Sulistyowati
Date Deposited: 22 Sep 2015 06:51
Last Modified: 22 Sep 2015 06:57
URI: http://repository.usd.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item