Up a level |
, Lalang (2013) Prestasi dan minat belajar siswa kelas XI IPA di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta dalam pembelajaran fisika melalui pendekatan kontruktivisme pada materi dinamika gerak lurus dengan menggunakan metode Peer Tutoring. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Agaputri, Yasinta Chintya (2013) Perkembangan prestasi dan deteksi minat belajar siswa SMP Maria Assumpta Klaten kelas VII pada materi gerak dengan ceramah menggunakan media film kartun. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Aribowo, Yustina Rosalin (2013) Pemberdayaan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi energi dan perubahannya di kelas VIII B SMP N 5 Purwokerto tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Arnoldus, Hiasintus Yudha (2013) Kesulitan siswa SMA kelas XI IPA dalam mengerjakan soal uraian fisika yang berkaitan dengan getaran. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Astuti, Christina Widi (2013) Peningkatan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Pangudi Luhur Srumbung Magelang pada pokok bahasan suhu melalui pembahasan dengan metode kooperatif tipe Jigsaw II. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Buik, Yuliana (2013) Perbandingan antara prestasi belajar fisika, keterlibatan dan respon siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur I Yogyakarta pada pokok bahasan alat optik. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Damanik, Vet. Asan (2013) Neutrino mass matrix subject to mu-tau symmetry and invariant under a cyclic permutation. In: CTP-BUE International Conference on Neutrino Physics in the LHC Era, 21 November 2013, Luxor, Egypt.
Enita, Enita (2013) Pengetahuan lokal sebagai bagian dalam pembelajaran sains pada pokok bahasan fase-fase bulan kelas VIII SMP Negeri 32 Sendawar Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Farida, Yeni (2013) Kompetensi profesional guru fisika : studi kasus terkait dengan materi gerak parabola kelas XI IPA SMA Pangudi Luhur Sedayu Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Fitriyani, Katarina (2013) Identifikasi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional seorang guru fisika. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Gole, Silvianus (2013) Membandingkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa yang diberi model Flexible Homework dengan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa yang diberi model Traditional Homework pada pokok bahasan kinematika gerak lurus dan gerak parabola dengan analisis vektor pada siswa kelas XI IPA SMA Frater Makassar tahun ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Hendrianus, Wan (2013) Peningkatan pemahaman belajar siswa mengenai usaha dan energi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XII IPA SMA Kristen Sinar Kasih Sintang. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Kita, Yulita Ika (2013) Peningkatan prestasi belajar fisika siswa pada pokok bahasan pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya melalui animasi gambar Powerpoint pada kelas X SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Kurniawati, Agnes Ika (2013) Gaya belajar siswa kelas X dan XI IPA serta gaya mengajar guru di kelas tersebut dalam pembelajaran fisika di SMA Bhakti Karya Kaloran Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Limiansih, Kintan (2013) Penggunaan Electron Spin Resonance (ESR) untuk mendeteksi radikal bebas. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Liu, Lusia (2013) Peningkatan pemahaman siswa mengenai besaran satuan dan pengukuran melalui pembelajaran dengan metode TGT (Team Game Tournaments) pada siswa kelas VIIA SMPN 1 Golewa. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Nara, Adelheid Yane (2013) Peningkatan pemahaman belajar siswa kelas IX SMPK Nirmala Jopu tentang materi listrik dinamis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Neto, Martinha da Costa Pereira (2013) Korelasi antara pandangan siswa SMA terhadap profesionalitas guru dengan prestasi siswa dalam belajar fisika di Timor Leste. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Novela, Marcellina Anita Prisca (2013) Tingkat pemahaman dan kesenangan siswa kelas X SMA Negeri 1 Rembang dalam pembelajaran gelombang elektromagnetik dengan menggunakan model ceramah, peta, konsep, dan pemutaran video pembelajaran. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Pamela, Margareta (2013) Gaya belajar siswa kelas IV dan V SD serta gaya mengajar guru di kelas tersebut dalam pembelajaran IPA di SDS Subsidi Pusat Damai Kalimantan Barat. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Paramita, Anas Pranila (2013) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru serta pengaruhnya terhadap pengembangan persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Peters, Efraim Decoberten (2013) Penggunaan metode pembelajaran problem solving dalam peningkatan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan gerak jatuh bebas di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Prasetianti, Benidicta Retvina (2013) Gaya belajar siswa-siswi kelas VII dan VIII serta gaya mengajar guru di kelas tersebut dalam pembelajaran IPA di SMP Charitas 02 Mojosari Kabupaten OKU Timur. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Prasetyo, Thomas Enggar Dwi (2013) Desain pembelajaran fisika SMA pada dua belas topik pada bidang mekanika dengan metode demostrasi dan hasil uji cobanya di Asrama Putri ST. Angela SMA Pangudi Luhur Sedayu. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Puspita, Frederika Indah (2013) Pembelajaran fisika tentang persamaan kalor dengan pendekatan proses melalui metode Inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar, keaktifan dan minat siswa. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Raja, Paulus (2013) Pengaruh gender dalam hal minat, sikap dan pemahaman fisika siswa pada pokok bahasan kinematika dengan analisis vektor di SMA Frater Makassar tahun ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Rinawathi, Wulan Suka (2013) Pembelajaran fisika dengan pendekatan proses melalui metode Inquiry tentang viskositas dalam meningkatkan prestasi, keaktifan dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 11 Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Rini, Eka (2013) Kesiapan dan minat siswa terhadap pembelajaran dengan media berbasis blog serta tingkat keberhasilan dalam pembelajaran fluida statisdi kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Sintang Kalimantan Barat. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Rositawati, Dwi Nugraheni (2013) Studi Pengaruh Sintering terhadap Spektroskopi Impedansi Ba0,5Sr0,5TiO3. In: Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Rudaranta, Yosephin (2013) Hubungan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar fisika mengenai induksi elektromagnetik di SMP Bunda Maria Pamanukan. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Santosa, Ignatius Edi (2013) Analisa foto pola difraksi elektron untuk pengukuran jarak antar bidang kristal karbon. In: Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII, 15 Juni 2013, Universitas Satya Wacana Salatgiga.
Santosa, Ignatius Edi (2013) Penerapan Penghalusan Savitzky-Golay pada Pengukuran Konsentrasi Etilen dengan Detektor Fotoakustik. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 3 (2). pp. 37-43. ISSN 2087-9946
Saragih, Triyanti Chris Febrina (2013) Identifikasi tindakan guru dalam pembelajaran yang didasarkan atas kondisi siswa di SMA A Yogyakarta : sebuah studi untuk mendalami salah satu aspek kompetensi dari kompetensi pedagogik. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Sari, Dian Puspita (2013) Pengembangan konsep lensa cembung pada seorang anak melalui bimbingan dan tanya jawab dengan bantuan gambar. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Sinabariba, Leo Ricardo Petrus (2013) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif produk pada bahasan GLB dan GLBB kelas X SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Sindhunata, Nickasius (2013) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk menarik minat siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan termodinamika di kelas XI IPA 1 SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Sri Pinilih, Margareta (2013) Pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap pemahaman konsep, minat belajar dan nilai karakter siswa SMA Negeri Jumampolo kelas X.1 pada materi pokok alat ukur listrik. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Srikamti, Veronika Princesta (2013) Kompetensi pedagogik guru dan persepsi siswa tentang kompetensi tersebut dalam pembelajaran : studi kasus tentang tiga guru di dua sekolah. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Suganda, Atma (2013) Upaya untuk mengubah miskonsepsi siswa dalam pokok bahasan suhu dan kalor lewat konflik kognitif. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Sulistiowati, Nani (2013) Desain pembelajaran fisika SMA Negeri 2 Sendawar kelas XI semester 1 kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur berdasar kurikulum tingkat satuan pendidikan. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Suparno, Paulus (2013) Aplikasi multiple intelligences dalam pendidikan TK/SD. In: Pelatihan Dinamika Edukasi Dasar, Yogyakarta.
Suparno, Paulus (2013) Belajar daya tahan sejak formasi awal. Rohani, 60 (03). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Daya tahan lemah: tantangan kaul dari diri sendiri. Rohani, 60 (10). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Dropping exams: less stress, more creativity. The Jakarta Post. p. 7.
Suparno, Paulus (2013) Gereja Indonesia dan pendidikan. In: Seminar Peringatan Konsili Vatikan II, FTW, Kentungan.
Suparno, Paulus (2013) Gosib dalam biara. Rohani, 60 (05). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Kepemimpinan kristiani sebagai pelayan di biara. Rohani, 60 (06). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Kepemimpinan sebagai gembala dan pengurus di Biara. Rohani, 60 (07). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Kesepian di masa tua. Rohani, 60 (02). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Konsep dasar penelitian tindakan kelas dan implementasinya di sekolah dasar. In: Lokakarya /internal traning Dosen PGSD, USD, Universitas Sanata Dharma.
Suparno, Paulus (2013) Memberi itu membahagiakan dan menyehatkan. Rohani, 60 (08). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Mengapa sulit terus terang dalam formasi? Rohani, 60 (04). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Model pendidikan untuk mencintai tanah air. Educare, X (2). pp. 26-28.
Suparno, Paulus (2013) Mulai TA 2014/2015 siswa SD lebih maju. Kedaulatan Rakyat. p. 12.
Suparno, Paulus (2013) Nafsu: tantangan kaul dari dalam biara kita. Rohani, 60 (09). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Paradigma pendidikan refleksi dan silabusnya. In: Workshop dosen Akademi PIKA, PIKA Semarang.
Suparno, Paulus (2013) Pembelajaran fisika yang humanistik dan menyenangkan. Widya Dharma, 24 (01). pp. 205-218. ISSN 0853-0920
Suparno, Paulus (2013) Pendidikan anti korupsi di sekolah normal. Educare, X (8). pp. 30-31.
Suparno, Paulus (2013) Pendidikan dalam perspektif Pancasila. In: Workshop guru Yayasan Santa ursula, BSD, Santa ursula, BSD, Tangerang.
Suparno, Paulus (2013) Peran Perguruan Tinggi dan ilmuwan pada pembangunan pendidikan Indonesia ke depan. In: Seminar Asosiasi Profesor Indonesia, Jakarta.
Suparno, Paulus (2013) Persiapan guru dan calon guru fisika yang mendukung MP3EI. In: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Suparno, Paulus (2013) Proses pembelajaran bagi mahasiswa calon guru. In: Lokakarya calon dosen muda FKIP, USD.
Suparno, Paulus (2013) Renewing the national curriculum. The Jakarta Post. p. 6.
Suparno, Paulus (2013) Sejauh mana calon guru fisika mengalami pendidikan karakter bangsa di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma. Widya Dharma Jurnal Pendidikan, 25 (1). pp. 81-103. ISSN 0853-0920
Suparno, Paulus (2013) Sentralisasi urusan guru. Kompas. p. 7.
Suparno, Paulus (2013) Spiritual Quotient (SQ) dalam hidup membiara. Rohani, 60 (01). pp. 25-28.
Suparno, Paulus (2013) Tantangan kaul dari luar karya kita. Rohani, 60 (12). pp. 25-28.
Togatorop, Rusmi (2013) Upaya meminimalkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika ragam esai melalui pelatihan penyelesaian soal dengan langkah-langkah sistematis. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Tri Wahyuni, Helena (2013) Pemahaman guru fisika tentang materi pembelajaran dan hubungannya dengan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Utami, Anastasia Larasati Esti (2013) Pengaruh kemampuan berbahasa, kemampuan matematis dan penguasaan konsep fisika terhadap kemampuan mengerjakan soal fisika pada bahasan kinematika di kelas XI IPA SMA Pangudi Luhur Sedayu dan kelas XI IPA 2 SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Wahyuanto, FA. Dimas Andika (2013) Penggunaan Dual Situated Learning Model dalam membantu terjadinya perubahan konsep tentang zat dan wujudnya pada siswa kelas VII SMP Joannes Bosco Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Wiranata, F. Edwin (2013) Pendekatan belajar fisika siswa SMP, SMA, dan mahasiswa : tinjauan menurut model Biggs. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Yuliani, Catria (2013) Hubungan antara keadaan pribadi, keluarga, sekolah, mata pelajaran fisika dan lingkungan masyarakat siswa dengan prestasi belajar fisika di SMA. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Yunita, Taat (2013) Efektivitas pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA PGRI 1 Temanggung pada materi GLBB. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.