Implementasi Jigsaw II untuk Meningkatkan Participation Skill, Sharing Skill, dan Prestasi Belajar Mahasiswa Matakuliah Statistika pada Program Studi Pendidikan Ekonomi

Martikasari, Kurnia (2014) Implementasi Jigsaw II untuk Meningkatkan Participation Skill, Sharing Skill, dan Prestasi Belajar Mahasiswa Matakuliah Statistika pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Widya Dharma, 27 (1). pp. 18-31. ISSN 0853-0920

[img]
Preview
Text
implementasi jigsaw II_Nia_PE_USD.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Jigsaw II dapat meningkatkan participation skill, sharing skill serta prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam perkuliahan Statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengambilan data untuk variabel participation skill dan sharing skill menggunakan kuesioner, sedangkan variabel prestasi belajar menggunakan hasil pre-test dan post-test mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi yang mengambil matakuliah Statistika I pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Variabel participation skill, sharing skill, dan prestasi belajar mahasiswa dianalisis secara statistik dengan uji beda (uji t), dengan program SPSS versi 17. Hasilnya menunjukkan bahwa metode Jigsaw II dapat meningkatkan participation skill, sharing skill, serta prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dalam perkuliahan Statistika.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Economics Education
Depositing User: E. Yani Sulistyowati
Date Deposited: 23 Sep 2015 03:50
Last Modified: 23 Sep 2015 03:51
URI: http://repository.usd.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item