Persepsi Guru dan Siswa SD di Yogyakarta terhadap Program Conservation Scout

Sari, Wahyu Wido (2014) Persepsi Guru dan Siswa SD di Yogyakarta terhadap Program Conservation Scout. Bioedukatika, 2 (2). pp. 34-37. ISSN 2338-6630

[img]
Preview
Text
Cover Bioedukatika.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal Bioedukatika_Susunan.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pages 34-37 from Jurnal BIOEDUKATIKA.pdf

Download (600kB) | Preview
Official URL: http://pbio.uad.ac.id/

Abstract

Penanaman karakter cinta lingkungan dan pemahaman akan pentingnya konservasi perlu dilakukan sejak dini. Program conservation scout atau pandu konservasi menawarkan edukasi dan empowering siswa SD mengenai konservasi. Kegiatan ini bertempat di Pusat Studi Lingkungan, Universitas Sanata Dharma dan melibatkan 38 SD di Yogyakarta. Peserta conservation scout terdiri dari 32 guru dan 70 siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon sekolah, persepsi guru, persepsi siswa, dan keberhasilan sekolah dalam mendukung program conservation scout. Metode yang digunakan adalah action reseach, survey, dan diskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan hasil validasi sangat baik. Sekolah memberikan respon sangat positif (84%) terhadap program conservation scout, dari 38 sekolah yang diundang, ada 32 sekolah yang mengikuti program ini. Guru memberikan persepsi negatif (2,50), bukan pada esensi program melainkan pada teknik pelaksanaan program. Siswa memberikan persepsi positif (3,51) dan 36 dari 70 siswa berhasil melakukan peer tutoring dan kampanye mengenai konservasi. Ada 53, 12 % SD yang siswanya menjadi duta konservasi lingkungan. Kata kunci: conservation scout, pendidikan karakter, konservasi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Teacher Training of Elementary School
Depositing User: Wahyu Wido Sari
Date Deposited: 06 Aug 2015 06:09
Last Modified: 11 Sep 2015 01:35
URI: http://repository.usd.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item